03 April 2019 - Mancal Ning Air Terjun Watu Gedek Jambewangi

03 April 2019
Mancal Ning Air Terjun Watu Gedek Jambewangi

Kemarin, telah bertepatan dengan hari peringatan istimewa bagi umat muslim yaitu hari peringatan Isra' Mi'raj. Peristiwa ini adalah peristiwa yang bahkan umat islam sendiri terkagum-kagum. Peristiwa ini menceritakan bahwa Nabi kita Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Mekkah menuju langit hanya dengan semalam. Dari peristiwa ini Nabi Muhammad SAW beserta umatnya akhirnya mendapatkan perintah sholat.

Dikarenakan bertepatan tanggal memerah dan berkesempatan dapat libur kerja. Diputuskan untuk gowes ke suatu tempat yang dulu pernah saya kunjungi untuk bertamasya bersama teman-teman. Tempat itu adalah "Air Terjun Watu Gedek" yang berada di desa Jambewangi kecamatan Sempu.

Setelah melakukan persiapan satu hari sebelumnya. Datanglah pagi Subuh yang indah untuk melakukan awal perjalanan yang menyenangkan.
Sampailah di titik kantor desa Jambewangi yang dekat dengan stasiun Setail. Jarak antara kantor desa dengan stasiun adalah sekitar ± 1 KM. Saya sembapatkan berhenti sejenak untuk mengatur nafas dan mengistirahatkan badan.
alam banyuwangi
Setelah beristirahat di depan titik, langsung melanjutkan ke arah tujuan dengan jalur beraspal yang rusak menanjak di beberapa bagian titik. Tampak kegagahan gunung Raung yang kelihatan biru nan indah dengan kondisi jalan yang cukup menanjak. Tapi masih sanggup untuk tetap mengayuh pedal.
Barulah ketika sudah mendekati lokasi air terjun Watu Gedek, jalan mulai cukup terjal dan bebatuan yang dengan terpaksa harus mendorong sepeda. Bukankah mendorong itu tidak termasuk perbuatan yang mendosakan. Hahahha
Tampak beberapa semak dan rumput tidak tumbuh teratur yang dikarenakan tempat ini sudah setahun tidak terurus dengan baik. Baca : Wisata Air Terjun Watu Gedek Tidak Terurus.
Tampak beberapa fasilitas rusak dan terkesan menakutkan.

air terjun banyuwangi
Selain dikembangkan untuk tempat wisata, aliran air terjun Watu Gedek juga dimanfaatkan untuk kebutuhan air bersih bagi warga didaerah tersebut. Airnya jelas jernih dan segar karena masih alami khas alam pegunungan. Sayangnya tidak menyempatkan untuk mandi.
sepeda camping
Menikmati secangkir kopi hitam tanpa gula yang diseduh tanpa perlu air panas. Dengan air biasa sudah bisa langsung larut dan tercampur. Menikmati udara yang segar dengan duduk di hamok.

sepeda federal

snack bar zee
Makanan ringan sebagai energi pendukung yang bisa dinikmati sambil tetap mengayuh pedal. Mumpung merk ini lagi ada promo beli 3 gratis 1.



Santri Pondok Pesantren Njepit - Wadung
Ada cerita menarik ketika bertemu ketiga anak santri seperti mereka. Walaupun masih anak-anak, mereka begitu antusias untuk melemparkan beberapa pertanyaan yang berbobot. Dari kata-kata yang keluar dari mereka, penuh keilmuan & penuh nada tata krama yang baik. Yang berbaju merah asli riau & yg baju putih hitam merupakan kakak beradik yang berasal dari Banyuwangi (Klatak).
Terima kasih atas petuah-petuahnya ya anak-anak. Kalian telah memberikan ilmu yang bermanfaat. Semangat selalu untuk memungut ilmu-ilmu yang bermanfaat dari pondok pesantren. Jadilah Santri yang baik & cintai alam ini.
sport tracker
Endomondo Sport Tracker
Untuk sinyal telekomunikasi yang saya gunakan (Indosat & XL) setelah sampai pada titik terakhir (pintu masuk hutan) cukup sulit, sering timbul menghilang.
Video !
yo wes ngono ae ceritane, ora penting tho ceritone.
3D !
Kalau melihat video 3D diatas, betapa kecilnya kita dengan luasnya hamparan bumi yang ada. Terus apa yang mau kita sombongkan. Kita hanyalah bagaikan titik kecil disebuah lembaran kertas yang luas.


#cyclingtravel #banyuwangi #nusantara #indonesia #mtbfederal #mtbfederalindonesia
www.andiuswawondous.web.id

Postingan populer dari blog ini

Kode REFERRAL MyIM3

28 April 2019 - Mancal Ning Rowo Bayu

28 April 2019 - Rowo Bayu ning Green Gumuk Candi

29 Januari 2019 - Mancal Ning Petilasan Prabu Tawang Alun Macan Putih Kabat