Aku dan MTB Federal Indonesia

MTB Federal Indonesia
We Recycle, Rebuild & Conserve
komunitas mtb federal
Dikutip dari MTBFederal.com - MTB Federal Indonesia merupakan sebuah komunitas pecinta sepeda lawas  buatan Indonesia bermerek Federal™ yang terbentuk pada 16 Januari 2009 berawal dari grup di situs jejaring sosial Facebook. Dari tahun ke tahun anggota grup semakin banyak dan hingga terlaksana sebuah acara berkumpul langsung atau istilah populernya kopi darat. Acara tersebut bernama Tunjukkan Federalmu atau disingkat TF yang diadakan tiap-tiap daerah dalam periode tertentu.

Saya sendiri mengetahui  dan bergabung di group MTB Federal ini sekitar tahun 2013an akhir kalau nggak salah ingat. Pada saat itu saya menyadari bahwa dalam kehidupan ini membutuhkan semacam penyeimbang kegiatan (hiburan positif) diluar pekerjaan yang kadang menjenuhkan. Saya sendiri tidak memiliki hobi seperti orang pada umumya seperti hobi memancing misalnya. Pada saat itu saya terpikir dengan kata "sepeda". Kata sepeda terilhami dari sebuah ajang olahraga balap sepeda (ITdBI) di kota kelahiran saya sendiri yaitu Banyuwangi beberapa belakangan ini.
 
sepeda federal
2013-10-11 | Federal City Cat
Pada awalnya, saya tertarik untuk mencari rujukan/referensi tentang sepeda balap/roadbike. Entah kenapa dalam pencarian tersebut, saya malah dipertemukan oleh komunitas ini. Dan entah mungkin sudah jodohnya yang sudah digariskan oleh Tuhan, saya menemukan sepeda Federal di gudang tempat saya bekerja. Singkat cerita, terjadilah negosiasi antara saya dan si Bos. Cukup lama memang, antara awal negosiasi sampai benar-benar dilepaskan untuk saya pinang. Alhamdulillah memang sudah jodohnya tadi mungkin, diberikannya sepeda ini dengan gratis dan hanya dibayar dengan syarat "siap membantu memasang peralatan yang ada di kantor cabang" pada saat itu.

Sebenarnya ada 2 unit sebuah di gudang saat itu. Tapi hanya boleh dibawa 1 unit saja. Akhirnya saya memutuskan untuk memilih dan membawa Federal City Cat warna putih biru. Alhamdulillah sampai sekarang saya masih bersemangat untuk mengendarainya walaupun hanya untuk keliling kampung atau ber-bike to work ke tempat kerja setiap hari. Memang selalu ada cerita yang menarik dari sepeda Federal ini dan lebih banyak cerita kembali di dalam komunitas sepeda federal ini.

Andius w

BUTUH WAKTU LAMA
Karena kondisinya yang masih baik dan original termasuk bannya, jadi tidak perlu lama untuk bisa segera dipakai. Hanya perlu melakukan perbaikan kecil di setiap sisinya. Yang memerlukan proses lama itu adalah mempersiapkan diri untuk tidak malu/gengsi untuk menaiki sepeda tua/jadul nan kusam di sela-sela sepeda model mtb yang modern pada saat ini. Awalnya cukup canggung karena selain sudah lama tidak pernah naik sepeda, juga kondisi sepeda yang sudah masuk nominasi model rongsokan. Tapi semua itu tertolong dengan adanya kata istilah "Vintage" dan semangat-semangat yang luar biasa dari adanya sebuah komunitas. Semacam motivasi yang luar biasa dari sebuah komunitas MTB Federal, saya menjadi merasa percaya diri untuk menaiki sepeda ini setiap harinya.


Setelah percaya diri muncul dan menjadi nyaman bahkan ketergantungan terhadap sepeda ini, munculah rasa untuk mengupgrade dari yang masih original polosan menjadi model touring. Yah, proses ini cukup menyakitkan bagi saya. Karena proses ini memerlukan tidak sedikit biaya, apalagi bagi karyawan kecil seperti saya yang gajinya masih cukup hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja.

Tapi itulah "seninya".
Didalam proses-proses yang ada, pelan-pelan, sedikit demi sedikit, nabung, nyicil beli komponen, sampai waktu ini malah seperti timbul rasa ikatan batin antara sepeda dengan pemiliknya. Dan sampai detik ini, saya masih melakukan proses....

Federal Banyuwangi
MTB Federal Chapter Banyuwangi itu sejatinya ada tapi belum ada. Ternyata ada beberapa pemakai sepeda Federal dan mengerti komunitas Federal. Tapi untuk pembetukan chapter Federal Banyuwangi masih sebatas wacana menurut saya. Ada Federalist yang bernama Mas Agus berdomisili di Tegalsari beserta beberapa kawan dengan menamakan Federal Santri Mancal Sarung.
Kenapa Federal Santri Mancal Sarung ?, karena mayoritas kawan-kawan disana adalah merupakan santri pondok. Saya sendiri bertemu & berkenalan dengan Mas Agus secara tidak sengaja. Karena dia merupakan masih tetangga saudaranya istri saya yang ada di Tegalsari. Ya... masih bisa dikatakan ada jalur tali persaudaraan, tapi agak jauh.
Tapi chapter ini belum sepenuhnya mewakili nama daerah Banyuwangi sebagai identitas. Ada beberapa usulan dan ide yang muncul untuk membentuk chapter di Banyuwangi dengan nama Fed Wangi (Federal Banyuwangi). Tapi entahlah sampai saat ini belum 100% fix terbentuk secara simbolis oleh kawan-kawan.

Tapi untuk identitas dikomunitas pusat, sudah tercatat dengan nama FEDWANGI atau Federal Banyuwangi. Terlepas dari identitas chapter seperti itu, kita semua bangga naik sepeda Federal dengan sebutan FEDERALIST dengan slogan "Satu Sepeda, Sejuta Saudara".

Mantab pakai B.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggunakan BPJS Untuk Rawat Inap Di Rumah Sakit

28 April 2019 - Mancal Ning Rowo Bayu

28 April 2019 - Rowo Bayu ning Green Gumuk Candi