06 Februari 2022

Tempe Penyet Spesial Gowes Ala Pulau Merah

Tempe Penyet Spesial Gowes ala Pulau Merah

Kami menyebutnya masakan Tempe Penyet Spesial Gowes ala Pulau Merah. Ya, kali ini semangat kami untuk gowes bareng tumbuh kembali. Kali ni kami merencanakan gowes bareng menuju lokasi wisata Banyuwangi yang terkenal yaitu Pulau Merah yang berada di sisi arah selatan kabupaten Banyuwangi. Pulau merah tepatnya terletak di wilayah selatan kabupaten Banyuwangi Kecamatan Pesanggaran dekat dengan tambang emas Tumpang Pitu. Berjarak sekitar 70 km-an dari pusat kota Banyuwangi atau 30 km-an dari kota Jajag. Lokasi wisata pulau merah mudah dijangkau dengan berbagai macam tipe kendaraan mulai dari sepeda sampai bus besar, Bahkan kalau mau berjalan kaki boleh saja jika sanggup.

Kali ini kami rencanakan gowes bareng menuju pulau merah. Karena niat kami gowes bahagia lahir batin sehat jasmani rohani hati senang perut kenyang, maka kami membawa peralatan masak dan perbekalan makan yang cukup lumayan dan penuh istimewa. Karena kami sudah merencanakan dalam gowes kali ini harus makan makanan yang spesial istimewa.

Seperti biasanya kami berangkat pagi dan berkumpul di titik pertemuan awal. Titik pertemuan awal kali ini masih tetap berada di rumahnya Fauzi. Saya berangkat dari rumah sembari bertemu Yanto di tengah jalan menuju desa Gunungsari. Yanto berangkat dari rumah saudaranya yang berada dekat di wilayah ia bekerja. Okelah kami segera langsung berkumpul dan terus melakukan perjalanan gowes bahagia kami menuju tempat wisata Pulau Merah.

Singkat cerita setelah kami melewati beberapa desa-desa seperti desa Sukorejo, Kesilir, Pesanggaran. Akhirnya kami sampai di tempat pintu masuk wisata Pulau Merah. Karena di rasa masih banyak waktu, kami mencoba melanjutkan perjalanan menuju ke arah Pelabuhan Pancer yang berjarak sekitar 4.5 Km-an. Cuaca yang cukup panas tidak mengurangi semangat gowes bahagia kami kali ini. Disini kami mencoba menjelajah beberapa lokasi d sekitaran pantai Pancer yaitu Pelabuhan & Tempat Pelelangan ikan Pancer. Bergerak menyusuri pantai Pancer kami menuju Pantai Mustika. Di pantai Mustika Pancer ini suasanya lebih sejuk dan segar berangin, Karena temapat ini sekarang di rawat dan di kembangkan menjadi tempat wisata yang indah. Banyak pohon cemara yang tumbuh dan tertata rapi serta banyak gubuk balai bengong yang cocok untuk beristirahat.

Setelah dirasa cukup, kami melanjutkan perjalanan menuju pantai pulau merah melewati jalan setapak di sepanjang deretan pantai dan beberapa kebun. Akhirnya kami sampai di area wisata pantai pulau merah. Kami segera mencari tempat untuk istirahat dan memasak perbekalan kami yang istimewa. Kami memasak Tempe Penyet Spesial dengan cita rasa istimewa dan bernuansa pantai pulau merah. Alhamdulillah UISTIMEWAAAHH..., Mari kita makan dan nikmati.