Giveaway 175 Juta, Tapi bohong

Giveaway 175 Juta, Tapi bohong

Dimasa pagebluk pandemi covid-19 seperti ini dapat kabar pesan telah mendapatkan uang 175 juta rupiah itu rasanya seperti mimpi ketemu orang yang terkasihi mentraktir bakso sambil sambil lihat senyumnya yang menawan aduhai.
Tapi semua itu bohong....
Hahahahah
SMS Penipuan

Yah yang namannya penipuan itu tidak akan ada habisnya sampai kapanpun dengan berbagai macam cara yang digunakan.
Salah satunya dengan memanfaatkan pesan singkat (SMS). Dari dulu sampai sekarang masih ada saja yang memanfaatkan sms sebagai alat untuk menipu dengan berbagai macam isi bujuk rayunya.
Mungkin penggunaan SMS memang masih ampuh digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi dengan tepat. Karena setiap orang yang mempunyai nomor ponsel dari operator manapun pasti digunakan untuk menerima sms. Beda dengan pesan informasi melalui aplikasi seperti whatsApp, line, telegram dan lain-lainya sejenisnya yang harus bisa digunakan jika terhubung dengan internet.
Penyampaian informasi melalui sms ini juga dimanfaatkan oleh sebagaian orang untuk berbuat keburukan seperti penipuan.

Seperti saya ini yang setia dengan nomor operator dari waktu yang lama, sering mendapatkan sms yang berisikan pesan penipuan. Mulai mendapatkan uang ratusan juta dari undian ini, undian itu bahkan sampai bermoduskan orang luar negeri yang ingin menitipkan uangnya di orang indonesia.

Yah, kalau saya sih biasanya sms seperti ini saya biarkan. Toh saya merasa tidak pernah ikut undian apapun. Tapi bahaya juga sih ya, beberapa kali mendengar ada sebagaian orang yang ikut tertipu melalui sms seperti ini.

Seperti ini salah satu isi pesan sms penipuan :

Dari : +62 85796184421
Pesan :
!!!SELAMAT!!! Nomor anda terpilih menjadi pemenang HADIAH KE-2 cek tunai 175 Juta dari PT.LAZADA
PIN undian (KBR99D7)
U/INFO KLIK bit.ly/undianthr-lazada

Bahkan isi pesannya mencamtumkan nama sebuah perusahaan dan dibuatkan sebuah situs untuk menyakinkan para korbanya. Kalau kita klik situsnya, tampilannya seperti tidak menyakinkan dan hanya bermodalkan sebuah situs blog yang gratisan.

SMS Penipuan
Membawa nama WhatsApp Inc.

SMS Penipuan
Menawarkan Hadiah Paket Data

SMS Penipuan
Membawa Nama LAZADA

Ada yang mengirimkan No. rek

Membawa Nama PT. PERTAMINA

Shopee

Menawarkan Hadiah Mobil

Shopee Lagi

Shopee Lagi
Nomor selalu berganti-ganti dan kebanyakan kalau saya cek klik untuk situsnya, ada beberapa yang sudah dihapus. Dibawah ini saya cek dari sms terbaru yang saya dapat dengan alamat "bit.ly/undianthr-lazada" dan hasilnya seperti ini :

Tampilan situsnya berani mencamtumkan beberapa tokoh penting dan beberapa foto para pemenang beserta testimoninya demi menyakinkan calon korban. Situs menggunakan alamat gratis dari blogger.com (blogspot) dengan berbagai tampilan yang digunakan untuk meyakinkan para calon korban.

Saya kira SMS penipuan seperti ini sudah tidak ada sejalan dengan bertambahnya usia pertumbuhan saya saat ini. Eh, Ternyata masih banyak. Padahal pemerintah mengetatkan aturan untuk membatasi kepimilikan nomor ponsel dengan jumlah tertentu setiap satu orang serta aturan undang-undang tentang penipuan cyber. Eh, Ternyata masih banyak. Eh, Ternyata masih banyak. Eh, Ternyata masih banyak.

Yah sudahlah tetap berhati-hati.
Giveaway 175 Juta, Tapi bohong Giveaway 175 Juta, Tapi bohong Reviewed by Andius W on Mei 13, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.