Jatirono Sumbersalak 13062020 Mancal

Mancal
Jatirono Sumbersalak
13062020

Tanggal sudah di lingkari sebelumya, sekarang sudah harinya, saatnya kembali mengenal alam dengan bersepeda. Saat ini dengan tujuan Wisata Jatirono yang ada di desa Kajarharjo Kecamatan Kalibaru.
Titik kumul & keberangkatan ada di rumah masjid Al-Hikmah Jatisari. Rencana keberangkatan yang sebelumnya di jam 05.30 wib atau sebelum jam 6 pagi yang harus sudah berangkat, menjadi molor sampai jam 07.00 wib dikarenakan harus setel ulang sepeda milik salah satu teman kami yaitu Fauzi.
Sepeda milik Fauzi harus di setel ulang karena sepeda miliknya baru saja di cat ulang dan dirakit. Dikarenakan Fauzi tidak bisa setel ulang pemindah giginya, maka kami bersama-sama terlebih dahulu membantunya. Saya membantu tidak terlalu banyak karena harus membantu sang istri mempersiapkan sedikit sarapan buat kami semua.

Pukul menunjukan 06.35 wib kami harus segera menyelesaikan semua pekerjaan termasuk sarapan. Setelah semuanya selesai dan jam menunjukan pukul 07.00 wib barulah kami bisa berangkat.
Kami langsung berangkat menuju jembatan Wiroguno melalui jalan Yosomulyo dan melanjutkan arah ke desa Tamansari kecamatan Tegalsari sampai masuk area perkebunan PTP. Nusantara XII Kebun Kalitelepak dan kami sempatkan ambil beberapa foto disini.



Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju perkantoran PTP. dan masjid Darul Falah Kalitelepak yang ada di area pemukimam PTP. Nusantara XII.


Masjid Darul Falah Kalitelepak



Terus kami lanjutkan ke arah keluar menuju area pabrik Karet area PTP. Nusantara XII Kalirejo. Disini kami sempatkan istirahat sejenak untuk mengistirahatkan tubuh dengan menyantap beberapa biskuit dan tentu saja tidak lupa mengambil beberapa foto.

Melanjutkan Perjalanan menuju ke jalan raya, kami melewati perkebunan tebu yang cukup panjang sampai dengan di tempat pabrik Industri Gula Glenmore.







Perjalanan kami lanjutkan ke arah Waduk Sidodi dan hanya melewatinya. Selang beberapa ratus meter, kami melihat penjual jajanan makanan "cilok" yang ada di tepi jalan. Kami putuskan untuk mencicipinya dengan tujuan untuk menambah energi bagi tubuh kami. Tapi tami tidak langsung memakanya dan berniat memakanya di tempat yang asyik dan teduh.








Lanjut perjalanan menuju arah jalan raya Glenmore, kami berbelok melewati jalan di area perkebunan Gland Falloch. Kami menyusuri pinggiran sungai dan perbukitan yang khas akan perkebunan. Ditengah perjalanan kami putuskan untuk berhenti beristirahat dan menikmati cilok yang telah kami beli tadi.

Perkebunan Gland Falloch


Perkebunan Gland Falloch

Dirasa waktu istirahat telah cukup, kami melanjutkan perjalanan menuju kantor & pemukiman Gland Falloch. Setelah kami keluar dari Gland Falloch dan memutuskan untuk menuju arah Krikilan yang selanjutnya mulai mendekati titik utama tujuan yaitu Jatirono.


Wisata Jatirono Kalibaru

Wisata Jatirono Kalibaru




Setelah beberapa ratus meter yang cukup melelahkan karena matahari berada tepat di atas kami yaitu sekitar pukul 13.00, akhirnya kami sampailah pada tempat tujuan utama yaitu Wisata Jatirono.

Tapi cukup disayangkan, karena bendungan waduknya sedang dibuka sampai airnya terkuras. Tapi masih bisa menghilangkan kelelahan kami karena permukaan waduknya jadi terlihat dan mata airnya bisa kami dekati sampai ke bawah. Mata air di waduk Jatirono ini sangat alami dan segar airnya.
Airnya sangat terjaga karena juga dimanfaatkan untuk produk air kemasan yaitu "Air Rolas".

Pengurasan air ini juga berkaitan masih ditutupnya semua tempat wisata yang ada di kabupaten Banyuwangi yang dikarenakan "Pandemi Virus Corona/ Covid-19".

Video :

Jalur :


Jatirono Sumbersalak 13062020 Mancal Jatirono Sumbersalak 13062020 Mancal Reviewed by Andius W on Juni 16, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.