Gowes Rowo Bayu Maning Dengan Komunitas Federalos (Federal Lare Osing) Banyuwangi

Rowo Bayu Songgon

Saya ini juga bisa disebut Federalist sih sebenarnya. Lha wong sepedanya federal.
Federalis biasanya adalah sebuatan bagi para pengguna sepeda merk Federal. Dimana sepeda Federal ini sudah tidak diproduksi alias masuk kategori sepeda jadul. Sepeda ini merupakan tipe MTB yang melegenda saat ini karena sejarahnya. Saat ini sepeda Federal dibangkitkan kembali masa kejayaannya melalui komunitas pecinta sepeda Federal yaitu MTB Federal Indonesia.

MTB Federal Indonesia terbagi menjadi beberapa chapter wilayah yang hanpir merata di seluruh Indonesia.
Salah satunya kabupaten Banyuwangi. Wilayah yang berada di ujung timur pulau jawa ini cukup banyak pengguna Federal. Salah satunya saya yang kenal komunitas ini sejak tahun 2013 akhir melalui facebook.
Untuk chapter wilayah Banyuwangi ini sendiri baru terbentuk tahun 2020 lalu sekitar pertengahan bulan oktober dengan cerita pembentukannya yang cukup panjang. Chapter Banyuwangi kami beri nama FEDERALOS Banyuwangi atau Federal Lare Osing Banyuwangi.
Kegiatan Federalos Banyuwangi bisa anda pantau dengan mengikuti Instagram resminya di @federalos.banyuwangi

Kembali ke cerita perjalanan saya dengan teman-teman anggota Federalos. Kali ini kita akan melakukan perjalanan menuju wana wisata Rowobayu yang berada di kecamatan Songgon.
Perjalanan gowes ini juga untuk mempererat keguyuban para anggota komunitas & juga menyambut bulan suci ramadhan.
Tanggal sudah ditentukan pada 10 April 2021 dengan titik kumpul di RTH Gendoh.
Saya yang semula rencana berangkat dengan seorang teman dan pada akhirnya berangkat sendiri dari rumah.
Karena jalur Jajag - RTH Gendoh yang melewati Genteng wetan, Kaliputih & karangsari sering saya lalui, maka terasa santai saat melaju. Sembari memperkirakan waktu dengan teman-teman yang akan bertemu di titik temu RTH Gendoh. Selang beberapa menit saya datang lebih awal & bisa dibilang kepagian. Sembari menunggu teman-teman datang yang masih dalam perjalanan, saya bertemu teman kerja yang bernagkat menuju kantor. Karena ia sedang tidak piket, maka memutuskan berhenti untuk menemani saya cukup lama. Di sela-sela pembicaraan kami, ia mengajak saya untuk mencari sarapan di sekitaran RTh Gendoh. Mau tidak mau saya pun mau, karena dipaksa. Ia merupakan teman baik di luar maupun didalam pekerjaan. Dikala menuju warung nasi pecel, kami berhenti sejenak di depan toko sepeda untuk melihat beberapa barang jualannya. Karena memang teman saya ini sudah kepingin sejak lama untuk memiliki sepeda MTB. Disini kami sempatkan bertanya harga, merk & Spek.
Toko Sepeda Gendoh Pasar

Selang beberapa waktu yang cukup lama, teman-teman federalos datang dan teman kerja saya memutuskan untuk melanjutkan berangkat kerja.

Terima Kasih Orang Baik, Sudah Mengajak Sarapan Nasi Pecel.

Setelah menyapa teman-teman federalos dan saling berkenalan dikarenakan ada beberapa teman baru federalos yang tergabung. Dilanjutkan beberapa teman federalos mencari sarapan di dekat RTH Gendoh & saya kebagian menunggu tunggangan mereka karena saya sudah sarapan terlebih dahulu.
RTH Gendoh


RTH Gendoh
Disini kami juga menunggu teman satunya yang sebenarnya masih satu jalur sama saya. Tapi ia memutuskan untuk loading sepedanya karena ia membawa keluarganya sekalian untuk berkunjung ke sanak saudaranya yang ada di sekitaran Gendoh.

Setelah semua berkumpul dan bersiap, kami memutuskan untuk segera melanjutkan perjalanan kami menuju Rowo Bayu. Saya sebagai penunjuk jalan memutuskan melewati jalur desa Bedewang. Jalur ini tidak begitu menanjak dan teduh di sepanjang jalan karena ada banyak pohon rindang.
Rowo Bayu Songgon


Rowo Bayu Songgon

Rowo Bayu Songgon

Rowo Bayu Songgon

Jalan Rowo Bayu Songgon
Saya & Pak Joko yang sedang mendapatkan irama kayuhan baik, memutuskan untuk berada di depan dan memutuskan untuk sampai terlebih dahulu di atas. Jalanan yang menanjak membuat saya yang lemah ini, tertinggal oleh Pak Joko. Pak Joko cukup terlatih dengan komunitas MTB nya yang sering bersepeda. Pak Joko sampai terlebih dahulu terus disusul oleh saya. dibelakang cukup jauh ada mas Yusuf, Edwan & Galuh yang di kawal oleh mas Didik. Mas Didik ini sering di belakang menjadi sweeper. Andai saja ia di depan, ia pasti hilang duluan karena keterampilannya memainkan pedal dan mengatur ritme. Untuk mas yusuf memang perlu di kawal, karena ia jarang bersepeda. Tapi akhirnya sampai semua di tempat wisata Rowo Bayu sekalipun campur mendorong. Saya pun juga sempat mendorong. Hahahaha
Jalan Rowo Bayu Songgon

Jalan Rowo Bayu Songgon


Dalam acara mancal bareng ini merupakan acara spesial, karena ada mas edwan yang membawa hadiah untuk di undi untuk teman-teman federalos yang ikut mancal di rowo bayu. Mas Edwan membawa rangka sepeda federal tipe lady untuk di undi. Keberuntungan ada di pihak mas Didik dan berhak membawa pulang rangkannya. Tapi nahas, tak sadar pennier belakang mas edwan patah karena ada tekanan dari rangka hadiah yang dibawanya. Rangkanya dari bahan aloy sehingga kekuatannya tak setahan bahan besi.

Disini kami bercengkrama dan sembari istirahat serta mengisi beberapa asupan energi yang sudah di persiapkan teman-teman. Cukup lama kami asyik bercengkrama, turun hujan yang lebat cukup lama. Kami memutuskan pulang setelah hujan reda.

Video :