10 Oktober 2023

Gowes Ulang Tahun Federalos yang Ke-3

Gowes Ulang Tahun Federalos yang Ke-3

Nonton Bareng Tour of Kemala

Federalos ini unik, menurut saya komunitas yang unik dan kocak. Bayangan saya, minimal sebuah komunitas itu harus kompak, terutama di waktu momen spesialnya seperti hari jadinya. Tapi yang namanya Federalos isinya para orang sibuk semua, jadi sangat sulit untuk bisa kompak bareng walaupun di hari sepesialnya sendiri.

Yah sudahlah.......

Memang sebuah komitmen itu harus di usahakan dan diciptakan.

Pertama, saya ucapakan selamat hari jadi yang ke-3 untuk komunitas Federalos. Komunitas pecinta sepeda Federal Banyuwangi. Tak terasa sampai bulan oktober 2023 ini masih ada keberisikan bagi komunitas ini. Salut untuk para anggota Federalos yang masih komitmen bersepeda mengendarai sepeda federalnya. Walau kadang berada di titik kemalasan, masih ada sebagian anggota yang bersepeda dengan Federalnya.

Okelah kita akhiri sedikit cerita trenyuh di atas dan lanjut cerita yang melelahkan berikutnya.

Debat Pohon Murbei


Diantara perdebatan grup wa federalos yang berisik dan hanya berisi engkel-engkelan masalah acara ulang tahun federalos yang ke-3 beberapa hari sebelum hari H, saya sudah bersepakat dengan diri sendiri untuk melakukan gowes ke Banyuwangi utara yang tepatnya ke pusat kota Banyuwangi entah bakal ada acara atau tidak. Itu cara saya untuk merayakan hari jadi komunitas ini.

Sabtu pagi 07 oktober 2023 habis subuh tepatnya, saya memulai perjalanan start dari rumah. Rencananya mau barengan dengan Fathoni yang sama-sama dari selatan. Karena Fathoni ada sedikit urusan, maka saya berangkat terlebih dahulu. Bertepatan hari ini, Banyuwangi juga sedang ada event balap sepeda yaitu Tour of Kemala 2023. Event ini berlangsung 2 hari pada tanggal 07-08 oktober 2023.

Untuk menghindari jalan ditutup, saya memutuskan untuk berangkat lebih awal. Berjarak sekitar 45 km dari rumah, bisa saya tempuh sekitar 1,5 jam. Sesampainya di persimpangan patung kuda dan merasa masih pagi, saya memutuskan untuk menuju arah desa Bakungan yaitu tempat dimana saya dulu bersekolah menengah kejuruan.

Saya sempatkan untuk mengambil foto di depan gerbang sekolah dan melanjutkan perjalanan menuju sasak perot untuk mencari sarapan sego pecel. Dalam perjalanan menuju sasak perot, saya keburu di telpon dari teman untuk segera menuju titik kumpul pertemuan acara hari jadi Federalos ke-3.


Yaaa yang ramai semalam di grup ternyata memutuskan untuk mengadakan acara sederhana kumpul dan ngobrol santai. Setelah berkumpul di sekitaran warung kucur sekitaran Roxy mall Banyuwangi dan temu kangen dengan beberapa anggota, saatnya bergeser ke gedung Uniba. Disana sudah ditunggu oleh teman federalos juga.

Video @ Om Didik

Ditengah-tengah perjalanan menuju Uniba, ternyata kita memutuskan untuk berhenti sejenak disekitaran gedung DPR Banyuwangi untuk memberikan semangat kepada para peserta balapan tour of Kemala yang bertepatan melintas disini.

Tour of Kemala
Kedayunan Kabat, 10km dari garish finish tour of kemala

SMK N 1 Glagah Banyuwangi
Gerbang Sekolah SMK N 1 Glagah

Rumah om Yudi Klatak, Banyuwangi

Setelah kita dari Uniba, melanjutkan perjalanan menuju Pantai Boom. Tapi batal krena ditutup untuk kegiatan Tour of Kemala. Diputuskan untuk lanjut ke rumahnya om Yudi yang berada di Klatak Banyuwangi sebagai base camp nya Federalos. Percaya tidak percaya, kalau gowes ke utara, belum lengkap rasanya kalau tidak sambang kesini.

Uniba Banyuwangi
Istirahat disini untuk beberapa waktu sebelum akhirnya untuk melanjutkan perjalanan pulang kembali ke selatan. Menunggu cuaca panas agak mendingin, sekitar jam 2-an kami memutuskan untuk berangkat pulang. Berdua bersama Fathoni kami berangkat pulang ke selatan melewati jalur pinggiran.

Dimulai dari Klatak menuju taman Sritanjung terus Perliman Banyuwangi geser ke Jalan kepiting dan melanjutkan lewat jalan menuju Pantai Cemara. Pelan-pelan menuju lewat pondok nongko dan terus Badean Rogojampi. Menuju Jalan Bandara Banyuwangi ke arah Kantor Pos Rogojampi.

Lewat Lemahbang dan lurus lewat Singolatern arah Bedewang. Lewat Gumirih menuju Gendoh Karangsari dan Genteng.

Dan pada akhirnya sampai rumah tetap petang magrib seperti biasanya. hahahhahahha berkah selalu.

Ada yang penasaran nggak kenapa baju saya bisa berubah ? 😅

Share This:    Facebook  Twitter