Air Terjun Watu Gedek Jambewangi Yang Terlantar

Wisata Alam Banyuwangi
Air Terjun Watu Gedek Jambewangi Yang Terlantar
Banyuwangi Tourism

Eman, air terjun Watu Gedek yang berada di desa Jambewangi kabupaten Banyuwangi ini kondisinya tidak terkelola dengan baik dan tidak terawat. Menurut cerita seorang ibu (*Nama dirahasiakan) asli warga sana yang dulu juga pernah menanamkan modal untuk pengembangan wisata air terjun Watu Gedek.

Beliau menceritakan bahwa yang menyebabkan wisata air terjun Watu Gedek tidak terawat dan terbengkalai adalah tidak adanya komunikasi yang baik antara pihak pengelola dengan pemerintah desa tersebut dan tidak adanya transparansi tentang keungannya.

Eman memang, ya mau gimana lagi kalau sumber permasalahan utamanya adalah "uang". Pembagian keuntungan yang tidak rata dan pembukuan yang tidak jelas.

Padahal potensi air terjun Watu Gedek sangat indah nan bagus, cocok untuk wisata keluarga dengan akses yang mudah dijangkau dan dengan harga tiket yang terjangkau.

Wisata air terjun Watu Gedek memiliki aliran air yang indah muncul dari batu-batu besar yang berjejer di atas bukit. Bila kita menempelkan telinga pada batu tersebut, kita bisa mendengar suara air yang deras menggerojok didalamnya. Wisata air terjun Watu gedek juga cocok untuk area camping maupun liburan sehari.

Tapi eman, sudah setahun sampai saat ini saya berkunjung dengan gowes di wisata air terjun Watu Gedek kondisinya tidak terawat dengan baik dan banyak fasilitas sudah rusak serta semak-semak tumbuh tidak beraturan.

Beberapa foto dibawah yang berhasil saya ambil pada saat saya berkunjung kemarin dengan keindahan aliran airnya yag masih terlihat keindahanya.
Toilet yang tidak terawat dengan baik dan ditumbuhi beberapa rumput liar. Tapi untuk aliran airnya masih berfungsi dengan baik.



Air terjun yang terlihat indah dan alami dengan beberapa semak yang tumbuh dengan bebasnya.
Jembatan Cinta Rusak

Sidomulyo Kalisetail

Nampak sebuah tempat untuk berfoto "jembatan cinta" yang berlatar belakang air terjun watu gedek mengalami kerusakan dibeberapa bagian. Termasuk tulisan yang sudah mulai lepas.


Kabupaten Banyuwangi


Banyuwangi Tourism

Desa Jambewangi Sempu




Alam Banyuwangi

Semak-semak yang tumbuh tak beraturan dan tidak terawat dengan baik menutupi beberapa bagian jalan setapak yang menuju keatas.
Wisata Alam Banyuwangi

Padahal ini mempunyai potensi sumber pemasukan rejeki daerah dan warga setempat jika dikelola dengan benar dan penuh rasa tanggung jawab bersama.

Lihat juga video berikut yang sempat saya abadikan dengan keterbatasan saya.

Postingan populer dari blog ini

Menggunakan BPJS Untuk Rawat Inap Di Rumah Sakit

28 April 2019 - Mancal Ning Rowo Bayu

28 April 2019 - Rowo Bayu ning Green Gumuk Candi